IMAN POWERS

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Selamat beraktivitas, semoga yang kita lakukan hari ini lebih manfaat & diridloi Tuhan YME.

Kamis, 21 Agustus 2008

MARI MOTIVASI KARYAWAN

Bagi para supervisor, manajer serta para pimpinan di perusahaan nampaknya perlu untuk memahami betul bagaimana cara memberdayakan dan memotivasi karyawannya.

Dibawah ini ’formula 8T’ yang dapat membantu Anda dalam memotivasi karyawan :

Target (tujuan)
Mulailah dari tujuan. Tekankan tujuan Anda dan perusahaan pada karyawan. Pastikan apakah karyawan Anda mengerti dan menerima tujuan yang Anda maksudkan.

Tools (alat)
Alat atau fasilitas merupakan hal penting penunjang kelancaran kerja karyawan. Tanpa alat dan fasilitas karyawan tidak bisa bekerja secara maksimal. Karena itu pastikan apakah karyawan Anda telah dilengkapi dengan fasilitas, perlengkapan atau informasi yang diperlukan untuk menunaikan pekerjaannya?

Training (pelatihan)
Training dan pelatihan yang memadai akan melengkapi kinerja karyawan. Ada baiknya Anda berikan pelatihan pada karyawan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilannya. Dengan demikian mereka dapat memberikan kontribusi maksimal bagi divisi dan organisasi perusahaan.

Time (waktu)
Apapun yang akan dikerjakan karyawan, mereka membutuhkan waktu. Pastikan mereka memiliki waktu yang cukup, efektif dan efisien untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing.

Truth (kebenaran)
Apapun yang dilakukan oleh karyawan hendaknya mengandung kebenaran, bukan rekayasa atau manipulasi.

Tracking (pemantauan)
Lakukan pemantauan terhadap karyawan Anda sekaligus berikan umpan balik yang diperlukan oleh karyawan agar mereka tetap berada di jalur yang benar.

Touch (sentuhan)
Berikan dukungan dan dorongan atau sentuhan manusiawi lainnya agar karyawan semakin bersemangat dalam berkarya. Misalnya dengan memberikan pujian dan perhatian atas pekerjaan mereka.

Trust (kepercayaan)
Berikan kepercayaan penuh pada mereka untuk berkarya. Jika mereka memiliki keterampilan dan keahlian yang mumpuni, mereka layak dipercayai?

Sekarang, coba identifikasi apakah Anda telah melakukan 8 T bagi para staf dan karyawan Anda? Jika ada salah satu 'T' yang kurang, maka lakukanlah segera. Selamat mencoba..! [dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar: